Low MPV Mitsubishi: 1.500 cc Mesin Bensin

2dc1260d-7ab2-4337-95bb-8d3cefcdf1fd_43

Mitsubishi pelan-pelan mulai membocorkan spesifikasi mobil Low MPV pesaing Avanza dkk. Mobil akan menggunakan mesin bensin 1.500 cc.

Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki, di kantornya, Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (10/8/2016).

"Di kelas ini tak ada permintaan yang cukup besar untuk mesin diesel, makanya yang akan kami pasarkan mobil bensin berkapasitas 1.500 cc," ujarnya.

Mobil yang konsepnya diberi nama XM singkatan dari X untuk Crossover dan M untuk MPV ini akan mulai diproduksi di pabrik anyar Mitsubishi bulan Oktober tahun depan.

"Mobil akan diproduksi massal tahun depan," ujar CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko.

Masuko sebelumnya sudah bertemu dengan Menperin Airlangga Hartarto, dalam kesempatan itu Menperin meminta Masuko untuk meningkatkan kandungan lokal mobil yang akan diekspor ke luar Indonesia.

Bagi Mitsubishi Indonesia, ini merupakan kali pertama mobil Mitsubishi buatan Indonesia diekspor ke luar negeri. "Ini tantangan yang harus ditaklukkan dan untuk pasar Indonesia akan sangat menguntungkan," ujarnya.

Untuk urusan desain, meski diproduksi di Indonesia, mobil masih didesain langsung oleh tim di prinsipal Mitsubishi Motors Corporation tanpa melibatkan desainer dari Indonesia. Memang sebelum itu, Mitsubishi melakukan survei kepada pengguna mobil di Indonesia mengenai mobil MPV seperti apa yang mereka inginkan. Hasilnya salah satu poin yang paling banyak ditekankan pengguna kendaraan adalah mobil yang memiliki ground clearance yang cukup tinggi untuk melalui jalanan banjir.

"Kami wawancara untuk mengetahui seperti apa harapan mereka untuk mobil MPV. Selain sebuah mobil yang nyaman mereka juga menginginkan sebuah mobil bisa dipakai untuk menjelajah di jalanan yang banjir. Dengan ground clearance yang tinggi menjadikan mobil ini mobil hybrid, yang memadukan SUV dan MPV," jelas Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation Tsunehiro Kunimoto yang mendampangi Osamu Masuko sambil berjanji untuk menggaet desainer asal Indonesia di masa depan.

Di Indonesia, lanjut Kunimoto, pasar MPV sangat besar, karena itu Mitsubishi berevolusi untuk mengembangkan MPV yang memiliki daya tarik sebuah SUV.

"Dan berbeda dengan MPV sebelumnya, mobil ini memadukan kekuatan sebuah Pajero Sport dengan performa, ini proposal yang menarik dari kami untuk pasar Indonesia," tutup Kunimoto.

Mobil akan menggunakan platform dan mesin yang khusus didesain untuk Indonesia, belum pernah Mitsubishi menggunakan platform XM Concept di mobil penumpang lainnya.

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.