Pabrik Mitsubishi di Cikarang Sudah 95% Rampung

shutterstock_179862461-e1413396095246

Pabrik Mitsubishi di kawasan Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat sudah hampir rampung. Pabrik di area seluas 30 hektar di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang Pusat itu sudah mencapai 95% pengerjaannya.

Menurut Group Head MMC Sales Group MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Imam Choeru Cahya, saat ini di pabrik sedang dalam instalasi peralatan di pabrik.

“Kalau building mungkin hampir sudah selesai. Hampir 95 persen. Secara paralel tinggal instalasi equipment, equipment pabriknya, alat-alat di dalamnya,” kata Imam di Bandung.

Imam lebih lanjut menambahkan pembangunan pabrik ini masih sesuai dengan yang direncanakan. Pada April 2017 diharapkan sudah bisa mulai berproduksi.

“Kebetulan saya dapat informasi. Targetrnya masih on schedule, tidak meleset, April, kita produksi,” ungkap Imam.

Saat beroperasi pertama kali pabrik ini akan memproduksi Pajero Sport, mobil anyar Small MPV dan L300.

“Iya langsung Pajero Sport. Tentunya gini, pasti ada initial production, tidak langsung blek. Pasti ada bertahap dari sisi volume. Kalau dilihat dari rata-rata penjualan itu kan 2 ribu unit per bulan. Tapi kalau dilihat dari kapasitas produksi pabrik baru ini kan 160 ribu unit. Dari 160 ribu unit, 80 ribunya adalah crossover MPV. Nah 80 ribu yang lain itu untuk Pajero L300, dan lain-lain,” ujarnya.

“Jadi kalau dari sisi kapasitas produksi, cukuplah. Kalau Pajero rata-rata per bulan dan targetnya di fiskal year ini adalah 20 ribu,” kata Imam.

Selain untuk pasar Indonesia, mobil yang diproduksi akan diekspor ke 7 negara di ASEAN.

Sementara itu menyikapi pergerakan pasar yang masih lesu setelah Lebaran, Imam menegaskan hal tersebut merupakan siklus tahunan yang biasa terjadi.

“Siklus ini seperti tahun biasanya, jelang lebaran, terutama passenger car siklusnya naik, nanti setelah lebaran turun, pasti sama semua seperti itu. Biasanya pas ada GIIAS naik lagi, siklusnya seperti itu, satu bulan sebelum Lebaran naik, setelah Lebaran turun, nah ini Juli ini kan turun, tapi kan pasar bukan hanya itu saja,” kata Imam.

Oleh karena itu, pihaknya berencana merevisi target penjualan semester II-2016 terutama pada segmen niaga karena sedang menurun.

Mitsubishi berharap gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 untuk dapat mendongkrak penjualan produk Mitsubishi.

“Harapannya nanti di bulan Agustus ini kita punya event yang cukup besar, event nasional juga GIIAS. Harapannya bisa mengakselerasi pasar di bulan Agustus itu,” ungkapnya.

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.